Perlukah mengetik cepat? Mari kita bahas!

Hai sobat gadgetx! Masih edisi corona nih, gua harap kalian sekeluarga sehat-sehat dan jangan lupa pakai masker, cuci tangan, jangan keluar rumah kalau ga penting-penting amat. Bagi kalian yang udah kelamaan dirumah aja, pasti bosen kan, gua ada ide nih buat ngurangin rasa bosen kalian.. langsung aja simak baik-baik nanti gua dibagian akhir ada tips dan trik nya juga loh!

Oke langsung aja, sesuai dengan judul hal yang akan dibahas pada postingan ini adalah perlukah mengetik cepat? Disadari atau tidak, mengetik adalah hal yang pasti dilakukan oleh semua orang yang menggunakan komputer ataupun smartphone. Mengetik sendiri merupakan sebuah proses dimana teks atau angka dimasukkan pada sebuah alat seperti mesin ketik, komputer, dan lain sebagainya. Tapi kali ini gua akan bahas lebih tentang perlukan seseorang mengetik cepat?

Menurut gua pribadi, jawabannya iya sangat perlu. Mengetik cepat dapat menghemat banyak waktu, khususnya buat kalian yang masih sekolah ataupun kuliah. Pekerjaan seperti mengetik laporan, menyusun skripsi, mengerjakan makalah, dan tugas tugas yang diberikan oleh guru dan dosen khususnya di masa pandemi ini seringkali mengharuskan kita untuk mengetik dan dengan mengetik cepat, waktu yang harus kalian keluarkan dalam menyelesaikan tugas tersebut menjadi lebih sedikit. Itu aja manfaatnya? Tentu tidak. Dengan mengetik cepat, kalian melatih fokus dan ingatan kalian menjadi semakin tajam.



Kecepatan minimal yang harus kalian kuasai di 2021 sendiri menurut gua adalah 70-80 WPM atau 70-80 kata per menit. Kalian yang masih ngetik pake 11 jari alias 2 jari, kalian bisa mulai ngetik denagn 4 jari, lalu 6, 7, 8, 9, dan 10. Tapi, semua itu ga instan, kalian harus sering berlatih dan coba lagi. Buat kalian yang kecepatannya masih dibawah 50 WPM gausah khawatir, gua punya beberapa tips dan trik yang bisa bantu meningkatkan kecepatan mengetik kalian.

Tips dan trik dari gua sendiri sederhana aja :
  1. Jangan tegang saat mengetik. Kalian harus relax dan membuat posisi kalian senyaman mungkin, hal ini sedikit banyak berpengaruh pada kecepatan mengetik kalian. Mengetiklah dengan santai dan tenang, menurut gua pribadi hal ini cukup membantu dalam berkonsentrasi.
  2. Ingat urutan huruf pada keyboard. Gua sendiri pake keyboard QWERTY, keyboard yang paling umum dan paling banyak digunakan di dunia saat ini, kalian mulai bisa menghapalkan keyboard tersebut baris per baris. Buat kalian yang pake QWERTZ, DVORAK, atau apapun itu kalian juga bisa mulai hapalin urutan huruf pada keyboard kalian.
  3. Terus berlatih, Ini yang paling penting, kalian harus terus berlatih. Semakin sering kalian melatih jari dan otak kalian, perlahan kecepatan kalian akan naik dengan sendirinya. Berlatih sendiri ada banyak cara, kalian bisa berlatih secara online, offline, ataupun dengan bermain game. Detailnya akan gua kasih tau nanti di akhir postingan ini.
  4. Tingkatkan akurasi, baru kecepatan. Cara ini akan lebih mudah dilakukan setelah kalian menyelesaikan cara 2 dan 3. Fokus terlebih dahulu pada akurasi, baru perlahan kalian tingkatkan kecepatan jari kalian.
Gua sendiri mulai tertarik ngetik sejak tahun 2014 dan mulai sadar pentingnya untuk ngetik cepat sejak 2016. Kecepatan gua saat itu masih di sekitar (average) 60-70 WPM dan sekarang kecepatan gua ada di (average) 100-115 WPM. Di Indonesia sendiri udah banyak loh yang bisa ngetik cepat, bahkan ada yang diatas 160 WPM. Gua sendiri ngerasa dengan ngetik cepat, waktu gua buat ngetik tugas, makalah, ataupun laporan jadi jauh lebih singkat. Bahkan kalian juga bisa dengan mudah menang main game yang berhubungan dengan ngetik bareng temen kalian. 

Oke untuk website yang bisa kalian kunjungi yang pertama ada 10FastFingersType Racer, dan masih banyak lagi. Masih banyak website yang bisa kalian pake buat latihan ngetik, tapi gua sendiri seringnya pake 2 website itu. Untuk berlatih secara offline kalian bisa ngetik ulang buku, bikin cerita, atau sering sering ngetik di Word. Kalian juga bisa cari di internet, game game yang berhubungan sama mengetik atau typing buat kalian yang lebih suka belajar lewat video game. Kalau kalian punya pertanyaan kalian bisa langsung dm gua atau tulis di kolom komen dibawah.

Comments

Worth to check!

Vektor - Bitmap

Review Canon EOS 77D Indonesia - Sharing Pengalaman

Smartphone Android Lemot? Ini Cara Mengatasinya